IG:@nursahid_rm/FB:Nursahid rahmat M/ 25 TAHUN NGAPAIN? ~ BLOG NISTA

Senin, 23 Oktober 2017

25 TAHUN NGAPAIN?

       Ketika manusia udah memasuki usia 25 tahun, itu artinya kita udah gak bisa lagi main-main soal hidup. Contoh aja masalah jatah hidup, di umur 25 tahun kita udah menggunakan 1/3 jatah hidup kita untuk ukuran rata-rata orang Indonesia. Untuk masalah karir, umur 25 tahun adalah masa dimana kita mengukur tingkat konsistensi kita dalam berkarir. Untuk masalah nikah, umur 25 tahun adalah ajang untuk nunjukin siapa yang lebih unggul diantara kita dan temen-temen kita. Biasanya terjadi pada kaum hawa.

      Dua hari yang lalu aku dapet info kalo salah satu saudaraku yang sama-sama merantau di semarang akan melangsungkan acara pernikahan bulan desember besok. Satu hari kemudian dia ngirim pesan melalui WA yang isinya ngajakin ketemuan. Agak sedikit mencurigakan sebenernya, dari aromanya kayaknya ada indikasi kearah bulliying.

       Mungkin besok pas ketemu dia akan ngomong "eh tititmu masih buat pipis?" Sambil nyengir.

      Dengan polosnya aku akan menjawab "iya. Emangnya kenapa".

   " Bentar lagi tititku dapet job baru lho" katanya.

      Oke, ini emang masa dimana salah satu organ tubuh cowok bekerja lebih keras dari sebelumnya dengan tugas dan tanggungjawab baru.

      Tiga bulan yang lalu aku juga sempet didesak untuk cepet-cepet nikah. Sebagai cowok yang baru aja lepas dari belenggu skripsi tentunya hal itu menjadi beban baru buatku. Ini ibarat kita abis ngangkat galon 50kg sejauh 1km, lalu disuruh gendong badak keliling komplek. Capek bro.

      Diantara spesies manusia aku yakin cewek lah yang paling setress untuk urusan nikah ketika sudah memasuki usia 25 tahun. Biasanya umur-umur ini adalah umur rawan cewek terkena penyakit baper kronis.
       
      Menurutku wajar banget kalo cewek lebih stress dibanding cowok, logikanya begini, tingkat kedewasaan cowok dan cewek itu berbeda. Secara psikologi masa usia remaja untuk cowok adalah 13-22th, sedangkan cewek 12-21th, itu artinya cewek satu tahun lebih tua dari cowok dengan perbandingan umur yang sama. Jadi ketika cewek udah mulai tau caranya dandan, cowok masih sibuk ngelap ingus.

      Hal ini membuktikan kalo cewek lebih dulu memasuki usia dewasa ketimbang cowok. Makannya kalo cewek udah masuk tahap remaja akhir dia lebih cenderung mencari cowok yang lebih tua darinya, minimal satu tahun diatasnya. Secara matematika kalau umur cowok satu tahun lebih tua dari cewek berarti tingkat kedewasaan mereka sama. Itu kalo secara matematika.

       Aku juga gak bisa memungkiri kalo pernikahan adalah salah satu indikator pencapaian dalam hidup. Selain bisa membangun rumah tangga kita juga bisa membangunkan yang lain. Wahai cowok, jangan sampai pusaka kita tertidur untuk selamanya. Bangunkan dia, lepaskan segelnya.

      Namun yang paling penting di usiaku sekarang yang udah gak muda lagi, aku bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk banyak orang, itu yang belum bisa aku lakukan sampai detik ini. Kalo kata Ernest Prakasa "bukan durasi, tapi kontribusi". Jadi bukan soal berapa lama kita hidup, tapi apa yang bisa kita berikan selama hidup.

8 komentar:

  1. Aku dikit lagi 25.
    dan sampe sekarang masih mikir umur sebanyak ini udah ngapain aja ya ? kerja mulu kaya kaga :(
    pengen jadi bermanfaat buat orang lain tapi bingung gimana caranya haha,

    BalasHapus
  2. Hm... ekspektasiku postingan ini bakal banyak ngebahas yang harus dilakuin ketika berusia 25 tahun, eh ternyata curhatan soal nikah, hehe.

    Tapi untungnya ada moral value di ending, 'bukan durasi, tapi kontribusi,' ok ini bisa kujadikan pegangan bahwa walaupun sudah hampir menginjak kepala dua dan teman yang lain banyak yang berprestasi sedangkan aku masih di sini, masih ada waktu untuk berkontribusi.

    BalasHapus
  3. lebih senior satu tahun berarti lo dari gue.
    .
    quote yang keren. bukan duras, tapi kontribusi. noted!
    .
    yah ada benernya juga sih usa kematangan mental cewek lebih cepat dari cowok. buktinya aja, temen temen cewek seumuran gue udah pada punya pacar. lah gue nyari cewek seangkatan udah pada ludes. jadi mau enggak mau gue harus mengincar cewek lebih muda alias adik tihngkat yang masih tersedia untuk dinikahin. cewek meang satu tingkat lebih dari cowok. betul kata lo.

    well, tertus semangat memberikan kontribusi dalam hidup dalam usia 1/3 hidu lo ini. ciayo!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih mikir nih mau berkontribusi apa. Masa nasi bungkus doang.

      Hapus
  4. masih 25 mas, slow aja dulu soal nikah, dpt kerja dulu, mapan dulu,bahagiain ortu dulu jawab aja gitu kalau masih ada yg nanya.. :D

    BalasHapus
  5. menurut gue nikah bukan jadi suatu pencapaian, kalau apa'' masih bergantung sama orangtua. kalo gue sih gitu. ehe
    bentar lagi sih gue masuk umur 25. tapi belom ada fikiran untuk sampai ke tahap itu. ya skarang fokus jadi orang yang berguna aja dulu. setuju?
    hehehe

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkomentar. Follow Instagram juga ya @nursahid_rm