IG:@nursahid_rm/FB:Nursahid rahmat M/ KETURUNAN CINA? ~ BLOG NISTA

Minggu, 07 Mei 2017

KETURUNAN CINA?

     Manusia diciptakn dengan berbagai macam bentuk. Kata ilmuan psikologi, manusia adalah makhluk yang unik, karena gak ada manusia yang sama persis secara keseluruhan satu dengan yang lain. Beda dengan hewan, contoh anjing laut, kalau kita lihat sekilas bentuk anjing laut dari dulu sampai sekarang ya gitu-gitu aja, kita gak bisa membedakan mana anjing laut yang cakep dan mana anjing laut yang jelek. Kita juga gak bisa bedain mana anjing laut yang alay sama yang enggak. 

     Tetapi dari sekian banyak manusia kita dikelompok-kelompokan menurut golongannya masing-masing. Itulah yang membuat kita bisa dikenali berdasarkan golongan. Kalau kita lihat orang pakai gamis, berjenggot lebat otomatis kita akan menduga orang tersebut adalah orang arab. Kalau kita lihat orang sipit, kulit putih, kemungkinan besar kita akan menduganya orang cina. Kalau kita lihat cowok poninya miring, warnanya pirang, naik motor bebek tanpa helm, suara knalpotnya kayak cewek ketemu temen ceweknya, itu udah jelas anak alay.

     Kemarin-kemarin teman kerjaku sempat mengajukan sebuah pertanyaan padaku seputar ras/golongan. Awalnya aku lagi duduk-duduk unyu sambil mainan HP. Ditengah syahdunya main HP tiba-tiba muncul sebuah pertanyaan.

  "Manganmu opo to mas, kok iso koyo ngono? (Makanmu apa mas, kok bisa kayak gitu)" Tanya si Fulan.
       "Maksude (maksudnya)?" Aku balik tanya.
       "Awakmu keturunan Cina ya (kamu keturunan cina ya)?"

        JEGERRRRRRRR!!!!!

  CINA?. Apa maksudnya dengan Cina. Aku gak ngerti kenapa bisa tiba-tiba dikira keturunan cina oleh rasku sendiri. Orang tuaku adalah seorang ngapaker sejati, dari kecil sampai dengan sekarang mereka masih menjunjung tinggi bahasa ngapak. Demi melestarikan budaya ngapak, dari buyut sampai sekarang, mereka gak pernah sekalipun mencari pasangan hidup selain dari golongan ngapak. Jadi kemungkinan darah Cina mengalir ditubuhku itu sangat mustahil, kecuali kalau dulu semasa bayi aku disusui menggunakan darah orang Cina.

        "Hah Cina. Ora lah (Hah Cina. Enggak lah)" Jawabku membantah pernyataan itu.
        "Kok rodo kecina-cinaan ya (kok agak kecina-cinaan ya)" katanya.
        "Hahaha" aku ketawa sekenanya.

        Setelah itu aku mulai merenungkan obrolan yang salah paham itu. Dari hasil analisaku aku meyakini kalau bentuk mataku yang gak keliatan kelopak matanya menjadi salah satu indikator aku dikira keturunan Cina. Selain itu aku gak nemu lagi sesuatu yang menguatkan kalau aku benar-benar keturunan Cina.

    Dulu awal kuliah aku juga sempat dikira keturunan Cina, akan tetapi dengan tegas aku membantahnya. Aku adalah orang Indonesia asli, ngapaker sejati. Kalau memang aku adalah keturunan Cina mungkin kronologinya seperti ini:

Ada orang Cina yang melahirkan di Indonesia. Pas udah lahiran bayinya diletakan berdampingan dengan bayi asal indonesia bernama Paino. Ketika bayi tersebut akan diserahkan ke orang Cina ternyata susternya salah ambil bayi gara-gara lupa naruhnya di kanan apa di kiri. Seandainya dibuat film kemungkinan judulnya akan jadi seperti ini "Bayi Cina yang tertukar gara-gara susternya labil milih kanan apa kiri".

       Tapi itu jelas sangat mustahil, alasan pertama aku lahir tidak di rumah sakit melainkan di rumah dukun bayi. Alasan kedua, Orang tuaku gak pernah sekalipun bilang "Nak sebenarnya kamu bukan darah daging kami. Kamu adalah anak anjing laut dari Cina yang dibuang". Dengan demikian sudah bisa dipastikan kalau aku bukanlah keturunan Cina. 


     

15 komentar:

  1. Mungkin selain sipit kulit agan putih bening seperti tanpa kaca ?!

    Sebenernya dari perasaan bang nur sendiri kalo di katain china gimana sih ? pasti seru ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan seru aja. Gak papa lah kalo dikira cina, asalkan gak dikira keturunan komodo.

      Hapus
  2. Gue Cina-Belanda-Batak tapi gak ada tampang-tampang bulenya, mata gak sipit kayak orang Cina, terus juga gak kayak orang Batak juga. Apa jangan-jangan gue ketuker ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin aja. Coba tanya dulu lahirnya berjamaah gak. Kalo iya, ada kemungkinan ketuker.

      Hapus
  3. Harusnya ada fotonya Mas Nurashid nih, biar para penonton bisa lihat apakah keturunan cina atau bukan..hehe

    Mungkin dulu ketuker itu pas susternya ambil ya, Mas.
    Btw, bisa ngomong bahasa China gak mas ? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah jelas gak mirip, dikasih foto malah dikira menistakan orang Cina ntar.

      Kalo dibayar bisa.

      Hapus
    2. Memang ya, uang bicara ini mah.. haha

      Hapus
  4. Hahaha temenmu lucu, kok ya dianggap cina. btw bisa juga di buat FTV dengan judul itu, tinggal dinaskahin aja pasti gokil *lah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo bisa jangan jadi FTV. Bisa-bisa di demo keturunan Cina seIndonesia aku.

      Hapus
  5. HHHHHHH :v ngakak baca ini, anak alay :v

    hemmm......aku orang palembang asli, aku juga ingin melestarikan sukuku, dan aku ingin menikah juga dengan orang palembang asli. berarti kita sama *toss*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu kayaknya keturunan Arab agak India dikit. Cocoknya nikah sama orang ambon.

      Hapus
  6. wahahaha, gokil. temen gue justru kebalik, cina tapi banyak yang nggak tau kalau dia cina. Temen-temen gue di kampus juga banyak yang keliatan kayak cina tapi sebenernya asalnya dari daerah lain di Indonesia sih... wehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu ada dua kemungkinan jev. Bapaknya yang selingkuh atau ibunya yang main serong.

      Hapus
  7. Iya, apalagi dari nama juga sudah kurang mencerminkan orang Cina ya? Nursahid begitu..bagusnya orang Arabkah?? Ya..tapi paling bagus ya orang Indonesia asli...tapi ini orang Jawa to yo??

    Soale podo. aku yo wong Jowo tulen iki. hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok sampai ke Arab. Ini produk asli Jowo mbak. Jowo sejati

      Hapus

Terimakasih sudah berkomentar. Follow Instagram juga ya @nursahid_rm