IG:@nursahid_rm/FB:Nursahid rahmat M/ SAAT BERTEMU PELANGGAN NGAPAK ~ BLOG NISTA

Sabtu, 15 April 2017

SAAT BERTEMU PELANGGAN NGAPAK

     Dalam bekerja yang berhubungan langsung dengan pelanggan tentunya kita dituntut untuk bisa melayani dengan sebaik mungkin. Nah dua hari yang lalu pada malam hari ditempat kerja aku diharuskan untuk melayani seorang ibu-ibu paruh baya. Ya ibu-ibu yang mungkin sudah tidak pernah lagi ngerasain sensasi digodain cowok-cowok alay.

      Malam itu kami bertiga aku dan rekan kerjaku sedang asyik mendengarkan lagu-lagunya iwan fals. Pas lagi asyik-asyiknya bersenandung ria tiba-tiba seorang ibu-ibu masuk menghampiri kami bertiga dengan ekspresi seolah ia ingin berkata "tolong saya mas. Tolong nikahin saya".

   Dua temanku yang tadinya asyik bernyanyi bersama perlahan mundur meninggalkanku bersama si ibu itu. Lihatlah betapa kampretnya seorang teman.

       Dengan hati yang tegar aku menyapa ibu tersebut.

        "Gimana bu?" Tanya aku dengan wajah diganteng-gantengin.

    Si ibu dengan wajah memelas langsung meminta untuk dimasukin. Kebetulan dirumah, sang suami gak bisa masukin katanya. Alhasil si ibu ini pun datang dengan suka rela ketempat dimana aku bekerja, minta untuk dimasukin.

        "Coba buka mas" ucap si ibu. "Tadi udah dicoba suami di rumah tapi gak masuk-masuk".

         "Iya bu. Saya buka ya" ucapku.

         "Tadi gak masuk-masuk mas"

         "Alamat sama Paswordnya apa bu?" Tanya aku.

          "081*********. Paswordnya Bunga******" ucap si ibu.

          "Gak bisa masuk bu. FBnya terakhir dibuka kapan?"

           "Gak tau mas. Lupa. Lama lah pokoke".

        Akhirnya aku menyarankan untuk mengganti pasword melalui nomor telepon. Sebenarnya si ibu sudah disaranin untuk benerin sendiri di bilik warnet tapi namanya juga ibu-ibu, maunya langsung di tempat operator.

       "Udah masuk bu" kataku.

       "Sekalian emailnya buat lagi yak mas"

       "Email bu?"

       "Iya. Itu tadi kan masuknya pake no telpon yak. Aku maunya email mas" kata si ibu dengan logat ngapak khas tegal.

        "Oh gitu. Iya bu"

        "Aja kelalen yak jenenge sing apik (jangan lupa ya namanya yang bagus)" ucap si ibu ngeluarin jurus ngapaknya tanpa ia sadari. "Eh maaf mas jadi ngapak. Haha"

        "Gak papa bu, aku juga ngapak" aku menunjukan jati diriku yang sebenarnya.

         "Heh masa'. Nek kaya kue ngapak bae yak (kalo kayak gitu ngapak aja ya). haha".

         "Hehe nggih bu"

         "Ya wis cepet digawe (ya sudah cepet dibuat)"

   Akhirnya si ibu konsisten menggunakan bahasa ngapak seutuhnya.

      Pembuatan email yang seharusnya gak nyampe lima menit malam itu aku membutuhkan waktu lebih dari sepuluh menit. Itu terjadi gara-gara si ibu bingung memilih nama antara Bunga City atau Bunga Azzah. Mungkin dari zaman dinosaurus punah cewek memang ditakdirkan untuk jadi makhluk paling labil di muka bumi.

    Setelah email beres aku kira semua sudah berakhir, ternyata aku salah. Si ibu masih memiliki satu fb lagi. Dalam hati aku berkata "ngapain punya dua fb". 

        "Mas tak bukak ya FBne (mas aku buka ya FBnya)" si ibu mengetikan alamat fb yang kedua.

         "Oh nggih bu monggo (oh iya bu silahkan)" aku hanya menyaksikan.

      Setelah fb kedua berhasil dibuka si ibu kembali log out dan memasukan kembali alamat fb yang ke tiga. Aku hanya duduk manis sambil menatap nanar kearah komputer sembari berkata dalam hati "ibu ini ngapain punya fb banyak-banyak".

       Setelah yang ketiga akhirnya urusan FB berakhir.

       "Pira mas? (Berapa mas?)" Tanya si ibu.
       "Lima ribu bu"
       "Nyah kie (ini)" si ibu nyodorin uang lima ribu.
     
         Akhirnya si ibu pergi dengan wajah puas. Entah kepuasan seperti apa yang telah ia dapatkan dari membuka FB. Tapi itulah pelanggan, berbagai karakter dan perilaku akan kita temui setiap hari ketika kita berhadapan langsung dengan pelanggan.  Itu bisa menjadi hiburan tersendiri buat kalian yang juga bekerja langsung melayani pelanggan. 

8 komentar:

  1. Bikin puas pelanggan memang menyenangkan ya, serasa maslahnya tertolong ya, Mas. Kalau udah ketemu sama ngapak asik dong mas..hehe
    jadi gak canggung lagi..haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan asyik, serasa berada di rumah. Tapi sesama ngapak kita juga sering mis komunikasi, kadang antara ngapak satu dengan ngapak yang lain ada perbedaan makna.

      Hapus
    2. Oh gitu, aku malah kurang tau Mas ..hehe
      Tapi selama di perantauan banyak teman yang ngapak juga.he

      Hapus
  2. Saya butuh beberapa saat untuk memahami keterkaitan antara ekspresi pengen dinikahin, memelas untuk dimasukin, dan kata-kata "coba buka mas". Ternyata itu FB.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya itu FB mas. Jangan terlalu terlena sama kata-kata.

      Hapus
  3. gue pernah denger tuh bahasa jawa ngapak. Bahasanya kasar-kasar kayak logat Jepang gitu kan, "ORRAAAAAAA... OPO KOEEEE"
    hahaha, emang minta dimasukin itu ibu-ibu, fb nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. GENJIEEEEERE.... SERIZAWAAAAA....

      Ayo kita masukin Jev, Fb nya

      Hapus
  4. Hahhahaha ibu2 zaman sekrang mainnya FB mulu, lagian ngapain coba pakai fb banyak2 duuuh
    berita hoax ga jelas bisa disebarkan lewat akun fb palsu lhooo

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkomentar. Follow Instagram juga ya @nursahid_rm