IG:@nursahid_rm/FB:Nursahid rahmat M/ NULIS FIKSI ~ BLOG NISTA

Senin, 24 Oktober 2016

NULIS FIKSI

       Seorang blogger tidak akan lepas dari yang namanya nulis. Modal dasar ngeblog bisa dibilang nulis. Seperti yang ada di blog alakadarnya ini, semua postingan tidak ada yang tidak terkait dengan tulisan. Semua pasti ada unsur huruf didalamnya. 

        Sebagai seorang blogger personal, yaitu blogger yang menceritakan pengalaman pribadinya disebuah blog, tentunya menulis jauh lebih mudah karena nulisnya mengalir sesuai dengan keadaan yang sedang dirasakan. Ini sama halnya kita sedang kena diare, pas lagi kebelet-kebeletnya tiba-tiba keluar begitu saja, saking gampangnya.

       Keluarnya memang gampang, nahannya itu yang susah. Sama seperti nulis cerita pribadi, kita gampang banget nulis, tapi buat nahan biar tulisan kita tidak sembarangan itu yang susah. Kadang sebagai seorang blogger personal aku sendiri nulis semaunya sendiri tanpa memikirkan perasaan orang yang baca, padahal pembaca juga butuh kenyamanan dalam membaca.

       Beberapa hari ini aku membuat sebuah blog baru diluar blog ini, blog itu aku beri nama Jejak-ku. Ini bukan blog pribadi seperti Blog Nista melainkan blog yang berisi tulisan-tulisan fiksi. Sebenarnya sudah lama aku ingin membuat cerita fiksi dalam versiku sendiri, tetapi malaikat sebelah kiri selalu berbisik "Jangan Sahid. Jangan kau lakukan itu". Nah baru sekarang ini aku memberanikan diri untuk mencobanya, 

        Menulis fiksi ternyata tidak semudah Dimas kanjeng menggandakan uang. Awalnya aku mikir nulis fiksi itu gampang, tinggal buat tema, tokoh, selesai. Ternyata analisaku salah kaprah. Setelah aku coba buat ternyata benar-benar kampret, dari sekian cerita yang aku buat tidak ada satupun yang layak untuk dikonsumsi publik.

        Aku kira nulis fiksi tidak beda jauh dengan nulis cerita pribadi, ternyata untuk menyusun kerangkanya saja sudah cukup membuat selera ngupil jadi hilang. Beberapa kali nulis aku harus menerima kenyataan hidup bahwa aku harus merevisinya berkali-kali sampai alurnya benar-benar bisa diterima akal sehat. Setelah itu barulah aku tulis ceritanya.

       Setelah beberapa kali mencoba nulis akhirnya sampailah aku pada sutuasi krusial. Akhirnya aku memutuskan untuk memposting cerita tersebut di blog Jejak-ku. Blog yang sengaja aku buat sebagai tempat untuk menulis fiksi. Buat teman-teman yang ingin membaca atau sekedar iseng, atau ingin tahu seberapa begonya aku dalam menulis fiksi, bisa buka alamat ini jejakinaja.blogspot.com.

     Meskipun susah menulis sebuah cerita fiksi, tapi mengarang cerita sesuai keinginan ternyata sangatlah menyenangkan. Kita bebas membuat tokoh utamanya, mau dibuat menderita, cacat, jomblo seumur hidup, kita bebas. Disitulah asyiknya menulis fiksi.

        Aku berharap di blog tersebut aku bisa mengembangkan kemampuan menulis fiksiku yang masih sangat ala kadarnya ini. Semoga dapat menghibur kalian yang membacanya. jejakinaja.blogspot.com

24 komentar:

  1. wah tulisan fiksilo baru dua postingan yah.
    selmat berjuang aja deh,
    Nulis fiksi emang ga mudah, gue percaya itu. karna gue sendiripun masih belum bisa :(

    Tapi kalo ada kemauan besar kayak lo gitu, semua pasti ada jalan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru nyoba-nyoba jadi belum bisa banyak. Ayo ikutan

      Hapus
  2. Tega banget tokohnya dibuat jomlo seumur hidup
    Tuh tokoh kalo idup udah digebukin lu bang

    BalasHapus
  3. Bagus juga idenya utk membuat blog khusus buat menampung cerita fiksi saja. Jadi, gak akan bercampur aduk dengan tulisan lainnya.

    Hmm fiksi? Kalo gue sih lebih prever membuat cerita fiksi dari pengalaman pribadi. Gue ganti aja nama-nama dan sesdikit gue tambahi alurnya. Jadi mikirnya gak terlalu susah.

    Gitu, sih. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu berarti kisah nyata. Tapi emang lebih mudah sih

      Hapus
  4. gak ribet ngurus dua blog? tapi, semangat dehh :)
    kalo aku sih no sama nulis fiksi. because im suck at writing fiction haha.. gak tau, emang gak bakat kayaknya buat nyusun kata-kata yang indah dan membuat pembaca nyaman. so, ditunggu fiksi-fiksimu di blog barunya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga baru nyoba-nyoba gak tau bakal berlanjut apa gak

      Hapus
  5. Iya, nulis fiksi itu susah. Gua pribadi ngerasa nulis cerita berdasarkan pengalaman pribadi itu lebih gampang daripada nulis cerita yg 100% fiksi wkwkwk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ada salahnya dicoba ven. nyari suasana baru

      Hapus
  6. Udah lama bgt yak dipi baru ke blog nista lg. Pa kabaaarr sahid? :)
    Semangatmu patut dipuji nih... Selamat berjuang di dua blog, n berjuang nulis fiksinya jg. Klo sering latihan pasti akan lihai jg , insyaAllah.
    Dipi jg ga pandai nulis fiksi. Mending tidur... Hahaha. Ada dulu pernah bikin.. Tpi ga terdokumentasi. Hilaang.
    Bentar lg dipi bw ke blog jejakin ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik nih. coba aja buat siapa tahu bagus, asyik lho

      Hapus
  7. Seengaknya kamu udah beraniin diri buat posting tulisan fiksimu di blog.. Hehehe
    Berarti bukan cuma saya aja yang udah selesai nulis fiksi dibaca ulang lagi, terus banyak yg direvisi.. Ujung-ujungnya ngerubah semua dan yah begitu.. Hahaha
    Menurut saya, menulis fiksi itu susah.. ๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya prosesnya emang gitu, banyak revisi-revisi

      Hapus
  8. nulis fiksi emang gak segampang yang dibayangin sih yak. apalagi, buat personal blogger yang keseringan nulis cerita non fiksi, kalau disuruh ngarang bebs kan repot juga yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jev, mikirnya 100 kali lipat lebih keras

      Hapus
  9. emang gitu sih, baru-baru ini gue juga lahi belajar nulis fiksi, tapi ya gitu, plotnya gak jelas cuy muehehe....

    Emang keren sih, orang yang bener-bener udah lancar banget bikin cerita fiksi. Intinya...

    Fiksi susah........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga kesulitan bikin plot. Ni masih ancur-ancuran

      Hapus
  10. Sama nih, setelah keseringan nulis nonfiksi, mikir kalo nulis fiksi itu gampang dan ternyata... salah. Nulis fiksi itu susah dan lebih detail, beda sama nulis non fiksi yg kadang gak udah terlalu detail, yg penting ceritanya ngalir aja haha. Goodluck buat blog fiksinya. Salam kenal, kayaknya kunjungan pertama nih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya susah, harus serba ngarang, dari latar, waktu, tokoh dll.
      Salam kenal

      Hapus
  11. apapun kalo berkaitan dengan menulis pasti asik dan menyenangkan lah walaupun sebenernya susah

    BalasHapus
  12. Setujuuu! Aku juga sebelum blog diisi sama curhatan-curhatan nggak jelas, lebih banyak tulisan fiksinya. Habis gimana ya, enak aja bikin karangan sesuai yang kita mau. Mau tokoh utamanya mati, mau amnesia, mau dijungkir-balikin juga terserah kita. Namanya fiksi, kita yang nulis.

    Tapiiiiiii..... satu hal yang harus diinget. Sefiksi-fiksinya tulisan kamu, kamu harus tetep bikin cerita yang rasional. Maksudnya sekeren apa pun tokoh yang kamu bikin, kamu harus tetep bikin dia nyata dengan nggak menjadikannya tokoh yang sempurna. Harus tetep logis dan ada kekurangannya biar ceritanya terasa nyata.

    Kita bikin cerita untuk menghibur pembaca, jadi mereka layak membayangkan tokoh yang baik juga. Dan tokoh yang baik itu harus punya kekurangan sesedikit apa pun.

    Asik nih ada temen sharing-sharing nulis fiksi!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang susah mungkin itu, bikin tokohnya senyata mungkin. Bikin karakter yang kuat ternyata susah.

      Hapus

Terimakasih sudah berkomentar. Follow Instagram juga ya @nursahid_rm