IG:@nursahid_rm/FB:Nursahid rahmat M/ AKHIRNYA TAU JUGA ~ BLOG NISTA

Minggu, 01 November 2015

AKHIRNYA TAU JUGA

    Sehat itu mahal harganya. Kata orang-orang. Berarti kalo aku mau sehat, aku harus bayar dulu. Bayarnya kesiapa?. Tuhan?. Tau ah.

       Beberapa hari yang lalu cewekku (Putri) minta aku untuk nganterin dia berobat ke tabib cina. 'Sayang anterin aku ke tabib yuk' ucap putri.

 Esok harinya, tepatnya kemarin aku nganterin putri ke tabib. Sebenernya aku agak gak yakin kalo ke pengobatan semacam itu. Takutnya obat yang digunakan enggak bener. Bukannya sembuh malah tambah parah.

     Sebagai pacar yang baik akupun mengantar Putri ke toko tabibnya itu. Sesampainya di toko, aku melihat banyak ramuan-ramuan cina. Disitu aku berasa lagi ada di film kungfu. Aku sempet ngebayangin tiba-tiba jet le masuk dengan kondisi luka parah dan ngomong 'Tung pang se kang (Tolong, saya terluka)'. Tabibnya dengan sigap memapah jet le.
       'Tong se? (Kamu kenapa. Apa yang sebenarnya terjadi?)' Tanya si Tabib.
         ''Lung peng tong seng cang tu lung pang (Saya keracunan)'' jawab jet le.

        Dan kamipun bersama-sama merawat jet le.

     Oke, kembali ke dunia nyata. Saat itu posisinya aku dan putri duduk bersebrangan dengan si tabib.

       'Sini tangannya' kata si tabib ke Putri.
 
     Setelah dipegang tangannya si tabibpun menjelaskan panjang lebar penyakitnya dan menjelaskan ramuan untuk mengobatinya. Wow keren. Gumamku.

     Setelah melihat apa yang tabib itu lakukan aku jadi penasaran kepengin nyoba. 'Pak. Leher belakang saya kok sering pegel ya. Kira-kira kenapa?' Tanya aku. Dengan seketika tabib itu langsung memegang tanganku. Entah kenapa aku ngerasa ada yang berbeda dari pegangannya. Peangannya begitu lembut. Serasa tidak ingin melepaskannya. Hmm malah terbawa suasana.

    Beberapa menit dipegang-peang, tabib itupun bersuara. 'Darah kamu panas'.

     Hah panas?.

   'Pencernaan tidak lancar'.

   Hah tidak lancar?.

    'Kolesterol tinggi'.

    Hah kolesterol tinggi?

     Tidaaaak!!!!. Aku lemes.

      'Susah buang air besar ya?' Tanya tabib.
  'Enggak pak, Gampang banget malah' jawab aku.
  'Oh. Ya syukur kalo begitu. Kamu makannya yang berkuah-kuah seperti sup kalau bisa. Hindari goreng-gorengan dan yang pedes-pedes' kata si tabibnya.

       Aku hanya mengangguk-angguk.

    Tabib itupun merekomendasikan ramuan jamu untuk menghilangkan penyakitku. 'Kamu bisa mencoba ramuan jamu buat mengembalikan keseimbangan tubuhmu' kata tabibnya. Wah boleh juga. Pikirku. 'Harganya empat ratus ribu' lanjut si tabib.

        Ah gak jadi.

   'Di kedokteran, mengobati hanya menghilangkan penyakitnya bukan menghilangkan sumber dari penyakitnya. bla..bla..bla' si tabibpun menjelaskan panjang lebar tentang pengobatan ala cina. Aku hanya mengangguk-angguk. Aku paham apa yang tabib itu omongin. Intinya sumber penyakit berasal dari apa yang kita konsumsi.

      Sepulang dari tempat tabib itu aku bener-bener jadi sadar, ternyata penyakit itu berasal dari apa yang kita konsumsi. Aku inget-inget lagi kata-kata mengembalikan keseimbangan tubuh. Dari situlah aku sekarang mulai rutin menjaga pola makan. Dengan alasan menjaga keseimbangan tubuh biar gak gampang terkena penyakit. 
    

    

12 komentar:

  1. sepakat... semuanya berasal dari makanan.. so tinggal bagaimana kita mengkombinasikan di waktu yang tepat...

    cobalah sesekali mengamalkan food combining Nursahid... hasilnya sangat bagus...
    aku udah lama mempraktekannya... sehat alhamdulillah.. dan daya tahan tubuh juga terjaga

    buat Putri semoga cepat sembuh yaa :-) .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh tuh. Bisa dicoba sarannya. Mudah-mudahan bisa jauh lebih sehat.

      Hapus
  2. Mulai dari sekarang, jagalah pola makan supaya tetap seimbang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Niatnya si mulai tahun depan aku mau menjaga pola makan.

      Hapus
  3. Aku bacanya sambil bayangin kalo ini lagi di klinik tong fang. Gila ramuan apaan tuh 400ribu, terus mujarab gak ramuannya?

    Selain makanan mungkin karena pola hidup yang kurang sehat jadinya gampang sakit kayak jarang olahraga, kurang menjaga kebersihan makanya bisa sakit. Tabibnya keren ye cuma megang tangan doang langsung tau penyakitnya.

    Gws ya buat Putri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu ramuan yang biasa dipake buat ngobatin pendekar-pendekar cina kayaknya.

      Iya keren. Untungnya cuma tangan yang dipegang.

      Hapus
  4. wehhh. 400 ribu. dengan uang segitu saya bisa makan hampir sebulan tuh. walau yang pasti nggak teratur makannya.
    jarang olahraga juga bisa jadi penyebab loh. jadi di seimbangin aja tuh antara makan dan olahraganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu si sering olah raga. Kalo sekarang malesnya minta ampun ra.

      Hapus
  5. itu seriusan bahasa cinanya artinya kayak gitu ya hehehe... jujur sih aku nggk pernah yang namanya ke tabib, tapii kalo emng jarang olahraga ya biasannya badan jadi nggk enak dan ujungnya kagak seimbang gitu, yang penting jaga kesehatan aja ya, bro hehe

    BalasHapus
  6. pola makan memang harus di jaga, kadang.. tabib china atau shinse gitu lebih keliatan pro ketimbang dokter yang ada di rumah sakit. sehat itu emang mahal.. tapi sakit lebih mahal.

    BalasHapus
  7. harus berhati-hati dari sekarang harus menjaga pola makan

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkomentar. Follow Instagram juga ya @nursahid_rm